Wednesday, August 28, 2019

8 Jenis Desain Grafis

8 Jenis Desain Grafis

Desain grafis menggunakan komposisi visual untuk menyelesaikan masalah dan mengkomunikasikan ide melalui tipografi, citra, warna dan bentuk. Tidak ada satu cara untuk melakukan itu, dan itulah sebabnya ada beberapa jenis desain grafis, masing-masing dengan bidang spesialisasi mereka sendiri.

Meskipun sering tumpang tindih, masing-masing jenis desain grafis membutuhkan keahlian dan teknik desain tertentu. Banyak desainer yang berspesialisasi dalam satu jenis; yang lain fokus pada serangkaian tipe yang terkait dan serupa. Tetapi karena industri ini terus berubah, desainer harus dapat beradaptasi dan belajar seumur hidup sehingga mereka dapat mengubah atau menambah spesialisasi sepanjang karier mereka.



Baik Anda seorang desainer yang bercita-cita tinggi atau sedang mencari layanan desain untuk bisnis Anda, memahami delapan jenis desain grafis akan membantu Anda menemukan keterampilan yang tepat untuk pekerjaan itu.

1. Desain grafis identitas visual
Merek adalah hubungan antara bisnis atau organisasi dan audiensnya. Identitas merek adalah bagaimana organisasi mengomunikasikan kepribadian, nada, dan esensi, serta ingatan, emosi, dan pengalamannya. Desain grafis identitas visual persis seperti itu: elemen visual dari identitas merek yang bertindak sebagai wajah merek untuk mengkomunikasikan kualitas-kualitas tak berwujud melalui gambar, bentuk, dan warna.

Desainer yang berspesialisasi dalam desain grafis identitas visual berkolaborasi dengan pemangku kepentingan merek untuk membuat aset seperti logo, tipografi, palet warna, dan perpustakaan gambar yang mewakili kepribadian merek. Selain kartu nama standar dan alat tulis perusahaan, desainer sering mengembangkan seperangkat pedoman merek visual (panduan gaya) yang menggambarkan praktik terbaik dan memberikan contoh branding visual yang diterapkan di berbagai media. Panduan ini membantu memastikan konsistensi merek di seluruh aplikasi masa depan.


Desainer grafis identitas visual harus memiliki pengetahuan umum tentang semua jenis desain grafis untuk membuat elemen desain yang cocok di semua media visual. Mereka juga membutuhkan komunikasi yang sangat baik, keterampilan konseptual dan kreatif, dan semangat untuk meneliti industri, organisasi, tren dan pesaing.

2. Desain grafis pemasaran & periklanan

Ketika kebanyakan orang berpikir tentang desain grafis, mereka memikirkan desain yang dibuat untuk pemasaran dan periklanan.

Perusahaan bergantung pada upaya pemasaran yang berhasil untuk memanfaatkan proses pengambilan keputusan audiens target mereka. Pemasaran yang hebat melibatkan orang-orang berdasarkan pada keinginan, kebutuhan, kesadaran dan kepuasan yang mereka miliki tentang suatu produk, layanan atau merek. Karena orang akan selalu menemukan konten visual yang lebih menarik, desain grafis membantu organisasi mempromosikan dan berkomunikasi lebih efektif.

Desainer pemasaran bekerja dengan pemilik perusahaan, direktur, manajer atau profesional pemasaran untuk menciptakan aset untuk strategi pemasaran. Mereka mungkin bekerja sendiri atau sebagai bagian dari tim in-house atau kreatif. Desainer dapat mengkhususkan diri dalam jenis media tertentu (bungkus kendaraan atau iklan majalah, misalnya) atau membuat berbagai macam jaminan untuk cetak, digital, dan seterusnya. Meskipun berpusat pada cetak tradisional, peran ini telah berkembang untuk memasukkan lebih banyak aset digital, terutama untuContoh desain grafis pemasaran.


Kartu pos dan selebaran
    Iklan majalah dan surat kabar
    Poster, spanduk dan baliho
    Infografis
    Brosur (cetak dan digital)
    Kendaraan membungkus
    Signage dan display pameran dagang
    Template pemasaran email
    Presentasi PowerPoint
    Menu
    Iklan media sosial, spanduk dan gambar
    Spanduk dan penargetan ulang iklan
    Gambar untuk situs web dan blog

Desainer pemasaran membutuhkan keterampilan komunikasi, pemecahan masalah, dan manajemen waktu yang sangat baik. Selain mahir dalam beberapa desain grafis, tata letak dan aplikasi presentasi, mereka juga harus terbiasa dengan produksi untuk lingkungan cetak dan online. Posisi pemula di bidang ini adalah cara yang bagus bagi desainer baru untuk mempelajari proses dan memperoleh keterampilan dan pengalaman yang berharga.

3. Desain grafis antarmuka pengguna
Antarmuka pengguna (UI) adalah cara pengguna berinteraksi dengan perangkat atau aplikasi. Desain UI adalah proses mendesain antarmuka untuk membuatnya mudah digunakan dan memberikan pengalaman yang ramah pengguna.

UI mencakup semua hal yang berinteraksi dengan pengguna layar, keyboard, dan mouse tetapi dalam konteks desain grafis, desain UI berfokus pada pengalaman visual pengguna dan desain elemen grafis di layar seperti tombol, menu, mikro -Interaksi, dan banyak lagi. Merupakan tugas perancang UI untuk menyeimbangkan daya tarik estetika dengan fungsi teknis.



Desainer UI berspesialisasi dalam aplikasi desktop, aplikasi seluler, aplikasi web, dan game. Mereka bekerja sama dengan desainer UX (pengalaman pengguna) (yang menentukan cara kerja aplikasi) dan pengembang UI (yang menulis kode untuk membuatnya berfungsi).
Contoh desain grafis antarmuka pengguna

    Desain halaman web
    Desain tema (WordPress, Shopify, dll.)
    Antarmuka game
    Desain aplikasi

Desainer UI harus menjadi pemain tim yang didukung oleh keterampilan desain grafis yang serius dan pemahaman yang sangat baik tentang prinsip UI / UX, desain responsif, dan pengembangan web. Selain aplikasi grafis, mereka membutuhkan pengetahuan tentang bahasa pemrograman seperti HTML, CSS dan JavaScript.




4. Desain grafis publikasi
Publikasi adalah karya bentuk panjang yang berkomunikasi dengan audiens melalui distribusi publik. Mereka secara tradisional menjadi media cetak. Pikirkan buku, koran, majalah, dan katalog. Namun, baru-baru ini ada peningkatan yang signifikan dalam penerbitan digital

Desainer grafis yang berspesialisasi dalam publikasi bekerja dengan editor dan penerbit untuk membuat tata letak dengan tipografi yang dipilih dengan cermat dan karya seni yang menyertainya, yang meliputi fotografi, grafik, dan ilustrasi. Desainer publikasi dapat bekerja sebagai freelancer, sebagai anggota agensi kreatif atau in-house sebagai bagian dari perusahaan penerbitan.
Contoh desain grafis publikasi

    Buku
    Koran
    Nawala
    Direktori
    Laporan Tahunan
    Majalah
    Katalog

Desainer publikasi harus memiliki keterampilan komunikasi, tata letak, dan organisasi yang sangat baik. Selain keahlian desain grafis, mereka perlu memahami manajemen warna, pencetakan, dan penerbitan digital.

5. Desain kemasan grafis 
Sebagian besar produk memerlukan beberapa bentuk kemasan untuk melindungi dan menyiapkannya untuk disimpan, didistribusikan, dan dijual. Namun desain pengemasan juga dapat berkomunikasi langsung dengan konsumen, yang menjadikannya alat pemasaran yang sangat berharga. Setiap kotak, botol dan tas, setiap kaleng, wadah, atau tabung adalah kesempatan menceritakan kisah sebuah merek.

Desainer pengemasan membuat konsep, mengembangkan maket dan membuat file siap cetak untuk suatu produk. Ini membutuhkan pengetahuan ahli tentang proses cetak dan pemahaman yang tajam tentang desain dan manufaktur industri. Karena desain kemasan menyentuh begitu banyak disiplin ilmu, tidak jarang para perancang menemukan diri mereka menciptakan aset lain untuk suatu produk seperti fotografi, ilustrasi, dan identitas visual.


Perancang kemasan mungkin merupakan jack-of-all-trade atau berspesialisasi dalam jenis kemasan tertentu (seperti label atau kaleng minuman) atau industri tertentu (seperti makanan atau mainan anak-anak). Pekerjaan mereka membutuhkan keterampilan konseptual dan pemecahan masalah terbaik selain pengetahuan kerja yang kuat tentang desain cetak dan industri. Mereka harus fleksibel untuk memenuhi permintaan klien, pemasar, dan produsen dan menyadari tren saat ini.

6. Desain grafis gerak
Sederhananya, gambar bergerak adalah gambar yang bergerak. Ini dapat mencakup animasi, audio, tipografi, citra, video, dan efek lain yang digunakan dalam media online, televisi, dan film. Popularitas media telah meroket dalam beberapa tahun terakhir karena teknologi meningkat dan konten video menjadi raja.



"Perancang grafis gerak" adalah spesialisasi yang agak baru untuk perancang. Secara formal disediakan untuk TV dan film, kemajuan teknologi telah mengurangi waktu dan biaya produksi, membuat bentuk seni lebih mudah diakses dan terjangkau. Sekarang, grafik gerak dapat ditemukan di semua platform digital, yang telah menciptakan segala macam bidang dan peluang baru.
Contoh desain grafis gerak

    Urutan judul dan kredit akhir
    Advertisements
    Logo animasi
    Trailer
    Presentasi
    Video promosi
    Video tutorial
    Situs web
    Aplikasi
    Video game
    Banners
    GIFs

Desainer grafis gerak mulai dengan mengembangkan storyboard dan kemudian menghidupkan konsepnya dengan animasi, video, dan seni tradisional. Bergantung pada industri, pengetahuan kerja yang kuat tentang pemasaran, pengkodean, dan pemodelan 3D dapat menjadi aset yang pasti.


7. Desain grafis lingkungan
Desain grafis lingkungan secara visual menghubungkan orang-orang ke tempat-tempat untuk meningkatkan pengalaman mereka secara keseluruhan dengan membuat ruang lebih mudah diingat, menarik, informatif atau lebih mudah dinavigasi.
Contoh desain grafis lingkungan

    Signage
    Mural dinding
    Pameran museum
    Pencitraan merek kantor
    Navigasi transportasi umum
    Interior toko eceran
    Branding stadion
    Ruang acara dan konferensi

Wayfinding adalah jenis khusus desain grafis lingkungan yang terdiri dari tanda strategis, landmark dan isyarat visual yang membantu orang mengidentifikasi di mana mereka berada dan ke mana mereka harus pergi sehingga mereka bisa sampai di sana tanpa kebingungan.

Desain grafis lingkungan adalah praktik multidisiplin yang menggabungkan desain grafis, arsitektur, interior, lansekap, dan industri. Desainer bekerja sama dengan orang-orang di sejumlah bidang ini untuk merencanakan dan mengimplementasikan desain mereka. Karena itu, desainer biasanya memiliki pendidikan dan pengalaman dalam desain grafis dan arsitektur. Mereka harus terbiasa dengan konsep desain industri dan mampu membaca dan membuat sketsa rencana arsitektur.

Secara tradisional, desain grafis lingkungan telah menghasilkan karya cetak statis, tetapi tampilan digital interaktif terus meningkat popularitasnya sebagai cara menciptakan pengalaman yang lebih menarik.


8. Seni dan ilustrasi untuk desain grafis
Seni grafis dan ilustrasi sering dianggap sama dengan desain grafis, namun mereka masing-masing sangat berbeda. Desainer membuat komposisi untuk berkomunikasi dan menyelesaikan masalah, seniman grafis dan ilustrator membuat karya seni asli. Seni mereka mengambil sejumlah bentuk, dari seni rupa hingga dekorasi hingga ilustrasi mendongeng.

Meskipun seni grafis dan ilustrasi bukan jenis teknis desain grafis, banyak yang dibuat untuk penggunaan komersial dalam konteks desain grafis sehingga Anda tidak dapat membicarakannya tanpa yang lain.

Contoh seni dan ilustrasi untuk desain grafis

    Desain kaos
    Pola grafis untuk tekstil
    Grafis bergerak
    Stok gambar
    Novel grafis
    Video game
    Situs web
    Buku komik
    Album Seni
    Sampul buku
    Buku bergambar
    Infografis
    Ilustrasi teknis
    Konsep seni

Seniman grafis menggunakan kombinasi media dan teknik apa pun untuk menciptakan karya mereka saat mereka berkolaborasi dengan penulis, editor, manajer, pemasar, dan direktur seni di semua jenis desain grafis. Mereka sering memiliki dasar dalam seni rupa, animasi atau arsitektur. Keterampilan dan aplikasi yang tumpang tindih memungkinkan untuk menemukan desainer grafis yang juga bekerja sebagai seniman grafis dan ilustrator (dan sebaliknya).

Desain grafis adalah bidang yang terus berkembang, dan permintaan untuk desainer khusus dan terampil sedang meningkat. Saat Anda mencari orang yang tepat untuk mengambil pekerjaan desain, mengetahui berbagai jenis desain grafis akan membantu Anda mengidentifikasi spesialis yang Anda butuhkan.

Penulis
Mila Jones Cann adalah seniman multidisiplin dan direktur seni digital. Dia mendesain situs web yang indah, grafis dan identitas merek visual dengan fokus pada sektor teknologi. Kliennya menjangkau dunia dari Lembah Silikon ke London dan di mana saja di antaranya. Ketika dia tidak mendorong piksel, Anda biasanya dapat menemukan lukisannya di studionya di Kanada Timur.













 

No comments:

Post a Comment

loading...